Email : marketing.admin@vivacycle.com, Phone : (021) 3500878
Anda belum login
Touring Sepeda Aman
Rabu, 19 Desember 2012

MENDENGAR kata touring, sebagian orang akan merasa tertantang untuk melakukannya. Apalagi jika menggunakan sepeda. Terlebih bila touring berlangsung di daerah pegunungan, tentunya memerlukan tenaga lebih banyak untuk menggowes sepeda. Mengenai ini, komunitas Sixty Niner Bicycle Club yang kerap menjalankan touringmau menyingkap rahasia dibalik kegiatantouring sepedanya yang aman dan nyaman.

Foto : IstimewaFoto : IstimewaSixty Niner Bicycle Club sendiri memiliki jadwal setiap minggu. Dari empat minggu tersebut, mereka mengagendakan dua kali touring baik lokal maupun di luar kota. Menurut salah satu sesepuh Sixty Niner Bicycle Club Amien S. Sutanto, tour lokal mereka berlangsung di Bumi Serpong Damai, Cihuni, Sawangan, Sop-sopan, Cinere dan Perigi.  Sementara luar kota, mereka biasa menjelajahi pegunungan Halimun.

Baru-baru ini, mereka touring ke Merapi. Sekali touring, sekitar 20an lebih anggota Sixty Niner ikut serta baik pria maupun wanita. Saat touring, biasanya mereka bermalam di sebuah penginapan atau villa. Nah, berikut rahasia touring sepeda Sixty Niner yang aman dan nyaman :

1. Data peserta

Mendata peserta touring sangat penting agar mengetahui jumlah peserta. Dengan mengetahui jumlah peserta pula, memudahkan kordinasi serta berbagi tugas. Selain itu, panitia bisa menentukan berapa biaya untuk saweran touring.

Foto : IstimewaFoto : Istimewa2. Periksa sepeda

Sebelum berangkat mengikuti touring, sebaiknya memeriksa sepeda secara menyeluruh. Disarankan, servis sepeda kepada ahlinya dan mintalah cek bagian ban dan girnya.

3. Bawa kendaran box dan penumpang

Kendaraan tak kalah penting saat melakukan touring ke luar kota. Untuk itu, perlu menyiapkan kendaraan box dan kendaraan penumpang. Guna kendaraan box, untuk menganggkut sepeda peserta touring. Sedangkan, kendaraan penumpang dapat dipakai mengangkut peserta. Dengan membawa kendaraan penumpang pula, bisa menghemat pengeluaran lantaran tidak perlu menyewa kendaraan lagi.

Hanny Sutanto ( Foto : dok.Sixty Niner)Hanny Sutanto ( Foto : dok.Sixty Niner)4. Istirahat

Saat touringdisarankan istirahat cukup di penginapan atau villa. Dengan istirahat bisa membuat tenaga Anda pulih ketika menggowes sepeda. Sebaiknya, istirahat sebanyak empat sampai enam jam. Menurut Amien, jika istirahat kurang bisa mengakibatkan mata berkunang-kunang saat menggowes sepeda. Ini tentu sangat berbahaya, lantaran medan yang dilalui terkadang cukup berat.

 5. Bawa cemilan

Membawa beberapa cemilan sangat dianjuran bagi peserta touring. Cemilan peserta touring sepeda, tentu berbeda dengan cemilan-cemilan saat berwisata. Cemilan mereka berupa coklat atau pisang. Keduanya memiliki rasa manis, yang sangat berguna bagi 'genjoters' untuk mengembalikan energi yang hilang.

 6. Bawa air mineral

Air mineral sangat dibutuhkan bagi peserta touring sepeda. Maklum, terkadang di perjalanan kita akan merasa haus sehingga membutuhkan seteguk sampai beberapa teguk air untuk menghilangkan haus dan dahaga.

 7. Bawa perlengkapan safety

Saat touring adakala terjadi peristiwa tidak terduga, seperti ban kempes atau terjatuh dari sepeda. Dianjurkan, membawa perlengkapan safety seperti kotak P3K dan pompa ban sepeda.

Di Pasar Beringharjo ( Foto : Sixty Niner)Di Pasar Beringharjo ( Foto : Sixty Niner)8. Bentuk tim touring

Tim touring ini menjadi bagian yang tak kalah penting, lantaran timtouring memiliki tugas yang  bisa membuat touringberjalan aman dan nyaman. Tim terdiri dari satu orang bagian dokumentasi, satu orang guide dan satu orangswipper. Dokumentasi bertugas mengabadikan moment-moment peserta touring saat menggowes sepeda di jalur tanjakan, turunan maupun jalur lainnya.

Guide mempunyai fungsi mengarahkan atau memberitahu jalur-jalur mana yang akan dilintasi. Posisiguide biasanya berada di depan. Swipper merupakan sosok yang memegang peranan menyisir jalan-jalan yang dilintasi, apakah masih ada peserta yang tertinggal atau tidak. Jika ada, tugas swippermenunggu atau membantu peserta bersangkutan agar tiba di titik yang telah ditentukan.

 9. Lengkapi tim touring dengan HT

HT (handy talkie) menjadi bagian utama ketika menjalani touring. Disarankan membawa dua buah HT agar memudahkan komunitasi. HT dipegang oleh orang yang berada di depan dan dibelakang rombongan.

 10. Ingat usia

Ini dia yang paling penting, bagi Anda yang ingin ikut touring harus mengingat usia. Sebab, touringmenjelajahi tempat-tempat jauh dengan berbagai macam medan baik berat maupun ringan. Bila menemukan jalan terjal dan usia Anda tidak muda lagi, sebaiknya tuntunlah sepeda demi keselamatan

 

sumber : http://www.tnol.co.id/rekomendasi/8477-touring-sepeda-aman-tips-dari-sixty-niner.html

tips-memilih-sepeda-freestyle
Tips Memilih Sepeda Freestyle
tips-merawat-rem-sepeda-harian
Tips Merawat Rem Sepeda Harian
manfaat-dan-efek-samping-olahraga-sepeda
Manfaat dan efek samping olahraga sepeda
  Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan dan penawaran terbaik untuk anda, disarankan untuk terus mengikuti perkembangan melalui website kami
FOR FURTHER INFORMATION
Call : (021)  •  3500878
MONDAY TO FRIDAY (08:30 AM TO 05:30 PM)
Toko Sepeda Online Shop Jual Beli Viva Vivacycle Lipat Bmx Harga Anak Belanja Murah Mudah Aksesoris Spare Part Frame Merek Merk Bicycle Accessories Model Rakit